Ø A9
A9 diciptakan oleh Amazon.com pada tahun
2003 sebagai sebuah perusahaan independen bertujuan untuk menghasilkan kemajuan
teknologi dalam Pencarian dan Periklanan. Di bawah arahan presiden pertama, Udi Manber, A9
difokuskan pada beberapa daerah, termasuk situs tujuan A9.com, Product Search,
dan platform Iklan Cari. Beberapa A9 awal layanan seperti "Cari dalam
Kitab" terus hari ini, sementara yang lain telah dihentikan. Saat ini, A9
mesin pencari kekuasaan pencarian produk secara global untuk Amazon.com dan
beberapa pengecer eCommerce lainnya.
Pada tahun 2006, William Stasior, salah satu pendiri A9 dan seorang mantan AltaVista dan eksekutif Amazon.com, diangkat sebagai presiden. Pada tahun 2009, A9 mengakuisisi SnapTell , penyedia independen dari smartphone berbasis aplikasi pencarian visual.
Pada tahun 2006, William Stasior, salah satu pendiri A9 dan seorang mantan AltaVista dan eksekutif Amazon.com, diangkat sebagai presiden. Pada tahun 2009, A9 mengakuisisi SnapTell , penyedia independen dari smartphone berbasis aplikasi pencarian visual.
A9 terus mengembangkan dan mengoperasikan layanan yang menyediakan
pencarian di semua sembilan situs Amazon.com di seluruh dunia, serta situs
ritel lain yang dimiliki oleh Amazon seperti Endless.com, Javari.de, dan Audible.com. Selain itu, A9 pencarian juga digunakan
oleh pengecer lain, seperti Marks & Spencer , bahwa lisensi platform Amazon
ritel untuk kehadiran online mereka. Selain itu, A9 menyediakan "Cari dalam
Kitab" kemampuan untuk Amazon. Diluncurkan pada tahun 2003, layanan ini
memungkinkan pelanggan untuk mencari melalui teks lengkap dari ratusan ribu
buku. Fitur ini tersedia baik untuk mencari buku individu dan untuk katalog
seluruh buku.
Ø Altheweb
AlltheWeb
adalah mesin pencari internet yang memulai debutnya pada pertengahan-1999 dan
ditutup pada tahun 2011. Ini tumbuh dari FTP Cari, doktor tesis Tor Egge di
Universitas Norwegia Sains dan Teknologi, yang ia mulai pada tahun 1994, yang
pada gilirannya mengakibatkan pembentukan Pencarian Cepat & Transfer
(FAST), didirikan pada 16 Juli 1997. Itu digunakan terutama sebagai situs pameran untuk
perusahaan mesin pencari CEPAT. Menurut FAST, AllTheWeb sekali disaingi Google
dalam ukuran dan teknologi . AlltheWeb pernah menjadi sepopuler Google, meskipun, dan yang userbase
menurun setelah itu dibeli oleh Overture pada tahun 2003. Ketika AlltheWeb dimulai
pada tahun 1999, FAST bertujuan untuk memberikan database mereka ke mesin
pencari lain, menyalin kasus sukses Inktomi. Pada bulan Januari 2000, Lycos
digunakan hasil mereka dalam pencarian PRO Lycos. Pada saat itu, database
AlltheWeb telah tumbuh dari 80 juta menjadi 200 juta URI. Tujuan mereka adalah untuk
mengindeks semua web diakses publik. Crawler mereka diindeks lebih dari 2
milyar halaman pada bulan Juni 2002 dan memulai putaran baru perang mesin pencari
ukuran. Sebelum pembelian oleh Yahoo!, database berisi sekitar 3,3 miliar URI. AlltheWeb mengklaim
beberapa keuntungan lebih dari Google, seperti database segar, fitur pencarian
yang lebih canggih, clustering pencarian dan tampilan disesuaikan sepenuhnya. Pencarian gambar nya juga akan mengambil pemirsa
langsung ke gambar daripada ke halaman yang menampilkannya. Pada Februari 2003 web
divisi pencarian CEPAT dibeli oleh Overture. Pada bulan Maret 2004, Overture
diambil alih oleh Yahoo!. Tak lama setelah Yahoo! 's akuisisi, situs AlltheWeb
mulai menggunakan Yahoo!' s basis data dan beberapa fungsi canggih yang
dihapus, seperti pencarian FTP dan pencarian gambar langsung. Pada Maret 2011,
Yahoo! menyatakan di situs AlltheWeb bahwa mereka berniat untuk menutup mesin.
Dimulai pada tanggal 4 April 2011, situs diarahkan ke Yahoo!.
Ø Altavista
AltaVista adalah
mesin pencari web yang dimiliki oleh Yahoo!. AltaVista pernah salah satu mesin pencari
paling populer, tetapi popularitasnya menurun dengan munculnya Google. Pada Mei
2011, Yahoo! menutup situs. Saat ini, situs AltaVista sudah habis. Dan dinyatakan pada website
bahwa mereka menggunakan mesin pencari Yahoo. Hasil pencarian tetap pada halaman
AltaVista.
AltaVista diciptakan oleh para peneliti di Sistem Jaringan Digital Equipment Corporation Laboratorium dan Western Research Laboratory, yang mencoba untuk memberikan layanan untuk membuat menemukan file pada jaringan publik lebih mudah. Paul Flaherty bertanggung jawab atas ide asli, dan dua peserta kunci Louis Monier adalah, yang menulis crawler, dan Michael Burrows, yang menulis pengindeks. Nama AltaVista dipilih dalam kaitannya dengan lingkungan perusahaan mereka di Palo Alto. AltaVista adalah publik diluncurkan sebagai mesin pencari internet pada tanggal 15Desember1995padaaltavista.digital.com.
AltaVista diciptakan oleh para peneliti di Sistem Jaringan Digital Equipment Corporation Laboratorium dan Western Research Laboratory, yang mencoba untuk memberikan layanan untuk membuat menemukan file pada jaringan publik lebih mudah. Paul Flaherty bertanggung jawab atas ide asli, dan dua peserta kunci Louis Monier adalah, yang menulis crawler, dan Michael Burrows, yang menulis pengindeks. Nama AltaVista dipilih dalam kaitannya dengan lingkungan perusahaan mereka di Palo Alto. AltaVista adalah publik diluncurkan sebagai mesin pencari internet pada tanggal 15Desember1995padaaltavista.digital.com.
Saat
peluncuran, layanan itu memiliki dua inovasi yang mengaturnya depan mesin
pencari lainnya: itu menggunakan, cepat multi-threaded crawler (Scooter) yang
dapat mencakup banyak halaman Web lebih dari yang diyakini ada pada saat itu
dan pencarian efisien berjalan back-end pada hardware canggih. Pada tahun 1998,
itu digunakan 20 mesin multi-prosesor menggunakan prosesor 64-bit DEC Alpha.
Bersama-sama, back-end mesin memiliki 130 GB RAM dan 500 GB ruang hard disk,
dan menerima 13 juta query per hari. Hal ini membuat AltaVista yang dicari
pertama, full-text database dari sebagian besar dari World Wide web. Fitur yang
membedakan AltaVista adalah antarmuka minimalis dibandingkan dengan mesin
pencari lain waktu, sebuah fitur yang hilang ketika menjadi sebuah portal,
namun kembali ketika memfokuskan kembali usahanya pada fungsi pencarian. Situs AltaVista
adalah sebuah kesuksesan. Lalu lintas terus meningkat dari 300.000 hits di hari
pertama lebih dari 80 juta hits sehari dua tahun kemudian. Kemampuan untuk
mencari web, dan layanan AltaVista khususnya, menjadi subyek berbagai artikel
dan bahkan beberapa buku. AltaVista itu sendiri menjadi salah satu tujuan utama di web, dan pada
tahun 1997 akan menghasilkan US $ 50.500.000 dalam pendapatan sponsorship . Pada
tahun 1996, AltaVista menjadi penyedia eksklusif hasil pencarian untuk Yahoo!.
Pada tahun 1998, Digital dijual ke Compaq dan pada tahun 1999, Compaq AltaVista
didesain ulang sebagai portal web, berharap untuk bersaing dengan Yahoo!. Di
bawah CEO Rod Schrock, AltaVista ditinggalkan halaman pencarian efisien dan
terfokus pada fitur seperti belanja dan email gratis. Pada bulan Juni 1998,
Compaq AltaVista dibayar Teknologi Incorporated ("ATI") $ 3,3 juta
untuk nama domain altavista.com - Jack Marshall. , salah seorang pendiri ATI,
telah mendaftarkan nama pada tahun 1994. Pada bulan Juni 1999, Compaq menjual saham
mayoritas di AltaVista ke CMGI, sebuah perusahaan investasi internet. CMGI mengajukan
penawaran umum perdana untuk AltaVista berlangsung pada bulan April 2000,
tetapi sebagai gelembung internet runtuh, IPO tersebut dibatalkan. Sementara
itu, menjadi jelas bahwa strategi portal AltaVista tidak berhasil, dan layanan
pencarian mulai kehilangan pangsa pasar, terutama untuk Google. Setelah
serangkaian PHK dan perubahan manajemen beberapa, AltaVista secara bertahap
gudang fitur portal dan kembali fokus pada pencarian. Pada tahun 2002,
AltaVista telah meningkatkan kualitas dan kesegaran hasil dan didesain ulang
antarmuka pengguna.Pada Februari 2003, AltaVista dibeli oleh Overture Services,
Inc . Pada
bulan Juli 2003, Overture sendiri diambil alih oleh Yahoo! . Pada Desember 2010,
seorang karyawan Yahoo bocor slide PowerPoint bahwa mesin pencari akan ditutup
sebagai bagian dari konsolidasi di Yahoo . Pada bulan Mei 2011, shut down dimulai, dan panel
pencarian AltaVista digantikan dengan pencarian Yahoo!,. dengan semua hasil
kembali pada halaman Yahoo!. Saat ini , hasil pencarian tetap pada halaman
AltaVista.
Ø AOL SEARCH
AOL Inc. (NYSE: AOL) dulunya
adalah perusahaan America Online, Inc., dan merupakan penyelenggara jasa Internet global yang
berpusat di New York dan sebelum
berstatus publik sejak tanggal 9 Desember 2009, AOL
dioperasikan oleh perusahaan Time Warner. Pada saat
ini AOL melayani banyak perusahaan dalam hal
layanan Internet di berbagai
negara di dunia, sehingga menjadikan AOL sebagai ISP bersifat Internasional dengan
jumlah pelanggan mencapai 30 juta pengguna.
Kantor
AOL di Beverly Hills
AOL
didirikan pada tahun 1983 dengan nama Control
Video Corporation (CVC). Produk tunggal AOL dalah Gameline. Pelanggan
membeli modem dari perusahaan untuk $ 49,95 dan membayar satu kali biaya setup
$ 15. Para pelanggan Gameline diizinkan untuk sementara download game dan
melacak nilai yang tinggi, dengan biaya $ 1 per game. Telepon terputus dan
permainan ter-download akan tetap berada di Gameline Master Module dimainkan
sampai pengguna mematikan atau mendownload konsol permainan lain. Pada tahun 1983, Steve Case telah
dipilih sebagai konsultan pemasaran CVC atas rekomendasi kakaknya, banker
investasi Dan Case. Pada bulan Mei 1983, Jim Kimsey menjadi
konsultan manufaktur Control Video, yang dekat kebangkrutan. Kimsey dibawa oleh
Frank Caufield
Pada tanggal 24 Mei 1985, Control
Video direorganisasi sebagai Quantum
Computer Services, Inc. dengan Kimsey sebagai CEO, dan Marc Seriff sebagai
CTO. Dari 100 karyawan dari Control Video, hanya 10 yang menetap di perusahaan
baru. Kimsey mengubah strategi perusahaan,
dan pada tahun 1985 meluncurkan layanan online khusus untuk komputer Commodore 64 dan Commodore 128 dengan nama
Quantum Link.
Logo
AOL dari tahun 1991-2006
Quantum juga
pernah bekerjasama dengan Apple Computer untuk
meluncurkan AppleLink untuk
komputer Apple II dan komputer Macintosh. Disamping
itu juga bekerjasama dengan Tandy Corporation. Pada tahun
1989, Quantum Computer resmi mengubah nama layanan menjadi America Online. Pada bulan September 1993, AOL menambahkan servis USENET. AOL pernah
mengungguli Prodigy dan CompuServe. Awalnya,
AOL mengenakan biaya per jam bagi para penggunanya, namun pada tahun 1996 ini
berubah dan tingkat rata $ 19,99 per bulan didakwa. Dalam waktu tiga tahun, userbase
AOL tumbuh hingga 10 juta orang. Selama waktu ini, koneksi AOL akan dibanjiri
dengan pengguna mencoba untuk naik, dan banyak dibatalkan karena akun mereka
sinyal sibuk terus-menerus. Pada tahun 1995 AOL bermarkas di 8619 Westwood
Center Drive di Tysons Corner CDP, Fairfax County, Virginia, dekat kota Vienna. Pada tahun
1996, AOL pindah ke 22000 AOL Way di kota Dulles, Virginia. [7] Perpindahan
ini berlangsung pada pertengahan tahun 1996 dan memberikan ruang untuk
pertumbuhan di masa depan. Oleh karena itu dalam lima tahun tengara sekarang
perjanjian dengan sistem operasi yang berkuasa pemenang AOL dibundel dengan
Windows.
Logo
AOL dari tahun 2006-2009
Pada bulan
Januari 2000, perusahaan America Online dan perusahaan Time Warner menyatakan
bergabung dengan jumlah saham perusahaan America Online paling tidak 55% dari
perusahaan AOL yang baru ini. Pada tahun
2004, AOL juga menyediakan pilihan untuk salam personalisasi yang memungkinkan
pengguna untuk mendengar namanya saat mengakses fungsi dasar dan surat
peringatan, atau saat login atau keluar.
Pada tahun
2005, AOL meluncurkan Live 8, dan TMZ.com. Pada tahun
2006, AOL memberitahu para pelanggan Amerika itu akan meningkatkan harga dari
akses dial-up ke $ 25,90.
Peningkatan ini bagian dari upaya untuk bermigrasi layanan yang tersisa
pengguna dial-up ke broadband, karena harga meningkat dengan harga yang sama
mereka telah pengisian bulanan akses DSL. Pada tanggal 3 April tahun yang sama,
AOL mengumumkan bahwa perusahaan ini berhenti untuk menggunakan nama lengkap
"America Online"; nama resmi dari layanan sekarang "AOL",
dan nama subdivisi TimeWarner adalah "AOL, LLC." Sementara
itu, AOL, melalui subdivisi Kids' AOL (KOL), bekerjasama dengan DIC Entertainment dan CBS mendirikan Secret Slumber Party on CBS. AOL
mengelola situs blok acara tersebut, dan menghasilkan layanan pengumuman khusus
baik untuk televisi maupun online. Aliansi ini adalah apa yang menyebabkan
perubahan nama untuk blok ini (yang semula bernama CBS’s Saturday Morning Secret Slumber Party), dan juga karena
beberapa program yang ditayangkan pada hari Minggu (tergantung pada pemasaran). Pada tahun 2007, KOL keluar dari sponsor blok acara dari CBS. Sesudah itu,
AOL secara resmi pindah ke kota New York City dan
menggabungkan berbagai unit iklan ke anak perusahaan baru yang disebut Platform
A. Peristiwa itu terjadi pada tanggal 17 September 2007. Pada tanggal
6 Februari 2008, CEO Time Warner Jeff Bewkes mengumumkan
bahwa Time Warner akan memecah akses Internet dan bisnis iklan AOL menjadi dua,
dengan kemungkinan kemudian menjual divisi akses Internet. Pada bulan Mei 2009, Time Warner memutuskan
untuk menghentikan operasi dengan AOL, dan mengumumkan bahwa mereka akan
menetapkan AOL sebagai perusahaan independen sekali pangsa Google berakhir
pada tahun itu juga. AOL tidak lagi menjadi bagian dari Time Warner sejak 9
Desember 2009. AOL menyatakan Penawaran umum perdana pada tanggal 9 bulan itu, dengan
simbol saham dari Bursa saham New York: AOL.
Ø Bing
Bing logo
Bing
merupakan mesin pencari (search engine) website yang bernaung
di bawah bendera Microsoft. Bing ini merupakan bentuk reinkarnasi yang
dilakukan Microsoft terhadap ketiga mesin pencari produksinya terdahulu, yakni Live Search, Windows Live Search,
dan MSN Search. Produk mesin
pencari yang baru ini secara resmi dilucurkan pada tanggal 3 Juni 2009
menggantikan mesin pencari sebelumnya, yaitu Live Search. Bing diciptakan
dengan menggunakan suatu teknologi, yakni teknologi PowerSet. Teknologi
ini memungkinkan pengguna untuk memperoleh hasil pencarian yang lebih akurat.
Di samping itu, Bing dilengkapi dengan kemampuan untuk menyimpan dan membagi
historis pencarian melalui Windows Skydrive, Facebook, dan e-mail. Bing
mengelompokkan pencarian berdasarkan empat kategori, yaitu :
v Web untuk
pencarian halaman situs atau website.
v Images untuk
pencarian gambar.
v News untuk
pencarian berita.
v xRank untuk
pencarian siapa dan apa yang paling banyak dicari oleh pengguna Bing.
Microsoft
telah memproduksi tiga mesin pencari sebelum Bing, yakni MSN Search, Windows
Live Search, dan Live Search. Namun sayangnya menurut Microsoft ini,
kinerja ketiga mesin pencari ini kurang maksimal dalam menarik pengguna
sehingga belum mampu menggeser kedudukan Google Search sebagai penguasa
mesin pencari di dunia Internet. Kegagalan ketiga mesin pencari sebelum Bing
ini, tidak mematahkan semangat Microsoft untuk terus menerus berinovasi dengan
mencoba untuk mengevaluasi dan menganalisis kelemahan-kelemahan yang ada pada
ketiga mesin pencari sebelum Bing tersebut. Selain itu, Microsoft juga
menganalisis kelemahan-kelemahan yang dimiliki oleh mesin pencari pesaing,
terutama Google Search dan Yahoo Search. Setelah melalui
segala bentuk usaha di atas, Microsoft berusaha memperbaiki dan
mengaplikasikannya pada produk mesin pencari terbaru, yaitu Bing. Sejarah
terciptanya Bing pada prinsipnya tidak terlepas dari tiga mesin pencari
produksi Microsoft sebelumnya. Secara historis dapat dikemukakan bahwa
terciptanya Bing dimulai dari MSN Search sampai Windows Live Search lalu Live
Search. Adapun kronologis terbentuknya Bing dapat dijelaskan sebagai
berikut :
Ü MSN Search
Mesin
pencari ini merupakan mesin pencarian pertama yang diciptakan oleh Microsoft
dan diluncurkan pertama kali tahun 1998. MSN Search terdiri dari mesin, indeks, dan web crawler. Sejak diluncurkan,
mesin pencari ini terus berkembang dan mengalami penyempurnaan. Pada November
2004, Microsoft melakukan upgrade terhadap mesin pencari ini dengan bekerja
sama dengan Picsearch khusus untuk
menampilkan hasil pencarian gambar.
Ü Windows Live Search
Pengembangan
MSN Search ternyata belum dapat menggeser dominasi Google Search. Berawal dari
kegagalan inilah Microsoft menghadirkan mesin pencari baru, yaitu Windows
Live Search, pada tanggal 11 September 2006. Mesin pencari ini memiliki
kemampuan untuk mencari informasi yang lebih spesifik baik berupa website, berita, gambar, maupun musik, serta lainnya.
Ü Live Search
Pengembangan
yang terus dilakukan oleh Microsoft menghasilkan keputusan untuk memisahkan
mesin pencari dengan Windows Live. Pada akhirnya Microsoft mengubah nama
mesin pencarinya menjadi Live Search, yang kemudian dikonsolidasikan
dengan Microsoft adCenter.
Reorganisasi yang dilakukan ini, menimbulkan banyak perubahan dalam kebijakan,
misalnya menghentikan beberapa produk seperti Windows Live Expo, Live Search Macros, dan
sebagainya. Perubahan yang terus dilakukan Microsoft ini ternyata belum membuahkan
hasil. Microsoft menyadari bahwa penggunaan brand name untuk produk
mesin pencari sangatlah penting. Akhirnya untuk menciptakan indentitas baru,
Microsoft menghadirkan suatu mesin pencari baru pada tanggal 3 Juni 2009, yang
diberi nama Bing, kepada seluruh
pengguna Internet di dunia.
Bing
diharapkan dapat mampu menjadi mesin pencari yang paling dapat diandalkan dalam
mencari beragam informasi, sehingga dapat menggeser dominasi Google Search.
Harapan tersebut diwujudkan melalui fitur-fitur yang dibangun dalam Bing.
Beberapa fitur yang menjadikan Bing diprediksikan mampu menggeser keberadaan
Google search, antara lain :
ÿ Best Match
Fitur
ini mampu menampilkan hasil pencarian yang relevan sesuai dengan kata kunci
yang dimasukkan. Link yang paling relevan akan ditampilkan pada bagian atas
daftar atau list hail pencarian. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk
memperoleh hasil pencarian yang sesuai disertai pula dengan link situs yang
mirip.
ÿ Interface Features
Fitur
Interface ini menampilkan gambar background yang akan terus mengalami perubahan
setiap harinya. Gambar yang ditampilkan ini merupakan gambar yang unik dari
seluruh dunia. Gambar background yang ditampilkan ini juga dilengkapi dengan informasi
berkenaan dengan gambar tersebut. Gambar background pada mesin pencari ini
bersifat fleksibel, artinya dapat diaktifkan dan dinon-aktifkan. Pada interface
hasil pencarian, menampilkan bagian hasil panel navigasi pada sidebar
kiri, dan preview di sisi kanan hasil pencarian yang berhubungan (Related
Searches).
ÿ Media Features
Fitur
ini memungkinkan pengguna untuk mencari gambar-gambar dan video yang
diinginkan. Halaman hasil pencarian ini akan menampilkan seluruh hasil
pencarian dalam bentuk thumbnail dalam satu halaman, sehingga pengguna
tidak perlu beralih ke halaman-halaman berikutnya yang membutuhkan waktu cukup
lama. Untuk memainkan video tersebut, pengguna tidak perlu mengklik thumbnail
video, tetapi hanya cukup mengarahkan kursor mouse pada thumbnail video
saja.
ÿ Instant Answer
Fitur
ini memungkinkan pengguna untuk memperoleh informasi yang tepat dan akurat.
Bing juga dapat berfungsi sebagai kalkulator
yang berfungsi sebagai mesin penghitung. Fitur ini pun juga dapat dimanfaatkan
untuk mengetahui harga saham, harga tiket pesawat, jadwal penerbangan,
pengiriman barang melalui kapal oleh perusahaan tertentu, informasi lalu
lintas, review restoran, kamus, dan sebagainya.
ÿ Bing Maps
Fitur
Maps dalam Bing merupakan virtual earth, artinya fitur ini memungkinkan
pengguna untuk bisa mengetahui lokasi berbagai daerah dari berbagai negara di
dunia. Selain itu, fitur ini juga dapat berfungsi sebagai petunjuk jalan ketika
sedang melakukan perjalan ke luar kota maupun ke luar negeri.
ÿ Bing Travel
Fitur
ini menampilkan rencana anggaran untuk melakukan perjalanan mulai dari transportasi,
hotel, sewa mobil, dan lain sebagainya.
µ Kelebihan Bing
« Gambar latar belakang yang variatif
« Ketika mengakses halaman depan situs Bing.com pada hari yang berbeda maka tampilan gambar background
yang digunakan pun akan berganti-ganti.
« Fasilitas Instant Answer
Fasilitas ini merupakan salah satu inovasi performa yang
berhasil dikembangkan dan diintegrasikan ke dalam sistem sehingga memampukan
Bing memeberikan jawaban. Selain itu, performa lain yang dimiliki oleh
Bing adalah kemampuan yang dimilikinya dalam menginterpretasikan sebuah kalimat
pertanyaan bahkan samapai ke hal-hal yang yang berkaiatan dengan persoalan di
bidang matematika atau hitungan.
« Hasil pencarian image atau video
dapat ditampilkan dan disaring secara detail.
Apabila pengguna melakukan pencaharian situs atau halaman web yang berisi
konten image, maka Bing mampu menyajikan daftar hasil pencarian secara spesifik dan detail. Hasil
pencarian tersebut ditampilkan dalam bentuk thumbnail yang dapat diperbesar
atau diperkecil dengan memanfaatkan fasilitas seperti Zoom, yang terbagi
lagi menjadi Zoom small, Zoom medium, Zoom large, serta
disertai juga dengan Show image details. Show image details ini
berfungsi dalam menyajikan image thumbnail dan informasi tentang gambar
tersebut.
« Kotak detail pada link hasil
pencarian.
Jika pada situs-situs mesin pencari lainnya, pengguna harus mengklik
link yang ditampilkan di halaman tersebut untuk mengetahui isinya. Namun, pada
Bing ini, pengguna tidak perlu mengklik link lagi, tetapi hanya perlu
mengarahkan kursor pada link tersebut untuk menampilkan kotak detail. Melalui
kotak detail inilah pengguna dapat menyimak sekilas informasi tentang link
tersebut.
« Tampilan Bing Maps yang lebih
interaktif
Bing Maps ini mempunyai akses loading yang cepat. Selain itu pengguna
juga dapat mengubah penyajian peta geografis ke dalam beragam mode penampilan.
Bing Maps pun dapat memungkinkan pengguna untuk menampilkan beberapa area atau
daerah secara tiga dimensi.
« Fasilitas Related Searches.
Kecerdasan sistem pencarian yang dimiliki oleh Bing ditunjukkan dengan
tidak hanya ditampilkannya daftar situs, halaman web, maupun link yang
berhubungan dengan kata kunci yang dimasukkan. Namun, pengguna juga akan
menemukan pula beragam pilihan sebagai alternatif yang dapat dipilih melalui sidebar Related Searches. Tujuan fitur
ini untuk memperkaya pencarian yang dilakukan.
« Fasilitas Smart Video preview.
Kecepatan akses dan loading memang menjadi kelebihan khusus yang
dimiliki oleh Bing, bahkan untuk konten file video sekalipun. Microsoft selaku
pengembang situs ini menekankan bahwa pengguna hanya perlu menunggu tidak lebih
dari 30 detik untuk dapat mem-preview sebuah tanyangan melalui Bing
Videos. Kecepatan sistem buffering yang diintegrasikan ke dalam direktori
Bing Videos mampu memutar sebuah tayangan video dalam sekejap hanya dengan
mengarahkan kursor ke dalam kotak player video yang diinginkan.
Ø Gigablast
Search
engine yang menarik dengan banyak fitur, anda bisa melarang hasil pencarian ke situs tertentu, menambahkan fitur pencarian untuk situs anda
danbanyak lagi.
Gigablast
adalah mesin pencari di Internet, didirikan pada 2000 oleh MattWells. Gigablast
merupakan proyek terakhir dari Matt Wells, setelah membuatsitus web Infoseek selama
tiga tahun, Gigablast didirikan dengan tujuan untukmelakukan pencarian halaman
web dengan kemampuan maksimal mesin pencari lainpada zamannya, namun
menggunakan alat seminimum mungkin. Pada bulan Januari 2005, mesin indeks dari Gigablast hampir memiliki satu miliar halaman web
yangtelah terindeks, dengan hanya menggunakan biaya 8000 Dolar Amerika Serikat (kontra 8000000000 puluhan halaman dan bernilai jutaan peralatan untuk
Google).
µ
Keunggulan:
« Tanggal
pelapor (termasuk tanggal diindeks dan tanggal terakhir diubah)
« Cached
halaman dan link ke Wayback Machine
« Termasuk PDF
dan jenis file lain dan HTML versi cache dari jenis file lainnya
« Tidak ada
iklan
D
Kelemahan :
ø Kecil
operasi dengan database lebih kecil sedikit daripada yang lain yangtidak selalu
refresh sesering
ø Lacks
pemotongan, kedekatan, dan fitur pencarian lanjutan.
Ø Lycos
Lycos adalah mesin pencari dan portal web yang banyak
menekankan pada informasi berorientasi hiburan dalam arti yang luas. Proyek
Lycos diperkenalkan pertama kali oleh Michael Loren Mauldin dari Universitas Carnegie Mellon di Amerika Serikat pada tahun 1994, yang kemudian
berubah menjadi suatu perusahaan. Kemudian pada tahun 1995, Bob Davis bergabung
dan menjadi CEO dari perusahaan Lycos ini. Sampai saat ini, Lycos merupakan mesin pencari yang paling dikenal di Amerika Serikat (top ke 25). Lycos juga mendapat
ranking ke-5 dalam hal portal Internetnya, setelah Yahoo, MSN, AOL dan MySpace.
Artikel
bertopik Internet ini
adalah sebuah rintisan. Anda dapat membantu Wikipedia
dengan mengembangkannya.
|